Kembalinya ASA Bu Suhairi Setelah Terbebas Dari Katarak

Wajah sumringah terpancar dari wajah bu Suhairi karena sudah bisa bekerja kembali mencari nafkah untuk menyambung hidupnya. Kembali bekerjanya bu Suhairi merupakan keberhasilan operasi katarak bulan Maret 2021 di RS Wonolangan Kabupaten Probolinggo yang di support oleh program I-SEE bersama ANCP (Australian Goverment NGO Corporation) di Indonesia atas dukungan DFAT (Australian Goverment Departement of Foreign Affair and Trade).

Bu Suhairi tinggal di dusun Cengkelek, Desa Wangkal, Kec. Wangkal, Kab Probolinggo. Perempuan berusia 56 tahun tersebut tinggal seorang diri semenjak suaminya meninggal 2 tahun lalu. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya ia bekerja sebagai buruh ngasak (mencari padi dari sisa sawah yang telah dipanen). Hidup sebatang kara karena tidak memiliki anak dan harus mengalami kebutaan sekitar 9 tahun yang lalu membuat hidupnya semakin kesulitan. Sejatinya bu Suhairi pernah memeriksakan matanya ke RS Waluya Jati dan dinyatakan katarak, tetapi karena tidak mampu untuk melakukan operasi maka bu Suhairi menerima nasibnya dengan penuh kepasrahan. Lantas bagaimana bu Suhairi bisa tahu persawahan yang telah dipanen ? tentunya dengan kepedulian para tetanggalah bu Suhairi mengetahui sawah-sawah yang bisa diasak padinya. Dengan semangat ia pergi bekerja ke sawah menggunakan tongkat yang mengakibatkan ia sering terjatuh.

Setelah beliau dapat melihat kembali, rasa syukur yang tak terhingga dan ucapan terima kasih berkali-kali digumamkan bu Suhairi karena hal yang tidak pernah diimpikan dalam hidupnya bisa menjadi kenyataan. Selain bisa kembali melihat beliau juga bisa bekerja dengan aman dan tidak terjatuh lagi serta tidak tergantung pada saudara maupun tetangga. Dari apa yang dirasakan ini bu Suhairi mencoba untuk berpesan pada siapapun yang mengalami katarak seperti dirinya untuk segera melakukan operasi apalagi yang sudah mempunyai BPJS karena dengan operasi maka mata bisa melihat kembali dan bisa kembali bekerja dan tidak tergantung pada siapapun.

#paramitra
#paramitrafoundation
#yayasanparamitra
#iseetubanprobolinggo
#paramitracbm
#PartnershipsForRecovery
#AustralianAid
#ANCP

Posts created 35

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top