Penyamaan Perspektif, Paramitra adakan Refresh CEN (Community Eye Nurse) Batch 1 di Kabupaten Probolinggo

Community Eye Nurse ( CEN ) atau Perawat Mata Masyarakat merupakan komponen yang sangat penting dalam mewujudkan Sistem Kesehatan Mata yang Komprehensif dan Inklusif. Untuk memperkuat kapasitas CEN bath 1 yang dilatih sejak tahun 2018 maka diadakan refresh kapasitas sesuai dengan kebutuhan berdasarkan tantangan di lapangan. Kondisi tersebut mendorong paramitra mengadakan pengembangan materi refresh berdasarkan assesmen kebutuhan CEN sehingga  materi refresh benar-benar sesuai kebutuhan.

Refresh yang dimulai sejak jam 09.00 – 15.30 WIB di kota Probolinggo berjalan sangat partisipatif sehingga banyak informasi yang bisa digali dari komunikasi baik dengan narasumber yang berasal dari Dinkes, dokter spesialis mata maupun dengan dokter Mia selaku pemateri advokasi. Refresh yang sejatinya sebagai sarana untuk mencari informasi dan solusi sebagai langkah meningtkatkan pelayanan kesehatan mata bagi CEN ini disambut baik oleh ketua KOMATDA (Komisi Mata Daerah) “Banyak hal yang bisa dilakukan kawan-kawan CEN untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan mata pada masyarakat, khususnya di bidang pendidikan yang notabane merupakan jangkauan dari proyek I-SEE, harus bisa lebih ditingkatkan lagi” demikian kata dokter Mia.

Jangkauan proyek I-SEE bersama ANCP (Australian Goverment NGO Corporation) di Indonesia atas dukungan DFAT (Australian Goverment Departement of Foreign Affair and Trade) di masa pandemi ini membuat tantangan tersendiri bagi para CEN untuk mendapatkan data yang sama seperti sebelumnya. Sejalan dengan hal tersebut, maka “untuk menunjang sistem pelayanan yang aksesibel maka pihak dinkes selalu memperbaharui atau mengupdate sistem Spreadsheet guna untuk mempermudah teman-teman CEN dalam memperbaharui data yang akan diisikan” ujar Bu Nia.

Kegiatan yang berjalan dengan mewadahi semua informasi terkait kondisi lapangan dari masing-masing CEN kab. Probolinggo menghasilkan beberapa hal mengenai perkembangan penajaman aspek data, membahas issue calo serta penataan advokasi Bersama. Aspek lain yang turut dibahas dalam kegiatan refresh ini adalah penguatan posisioning CEN di Puskesmas dalam program kesehatan mata termasuk didalamya mekanisme pelaporan, advokasi bail internal maupun eksternal dan seputar konten kesehatan mata : mitos, isu penglihatan alternative, kaca mata ion, glaucoma.

#paramitra
#paramitrafoundation
#yayasanparamitra
#iseetubanprobolinggo
#paramitracbm
#PartnershipsForRecovery
#AustralianAid
#ANCP

Posts created 35

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top