Evaluasi Tahun 2022 Yayasan Paramitra Sebagai Tahap Menuju Organisasi Yang Lebih Baik

Pertemuan All Staf Paramitra Desember 2022

Tahapan organisasi menuju perubahan yang lebih baik tidak terlepas dari unsur untuk melakukan evaluasi secara keseluruhan, khususnya pengelolaan organisasi dan program-program yang dilaksanakannya. Bertepatan dengan akhir tahun 2022 saat ini Yayasan Paramitra telah berproses mengadakan pertemuan staf. Dimana pertemuan staf secara simultan sangat penting dilakukan oleh sebuah organisasi Yayasan Paramitra sebagai bagian untuk mengetahui sejauh mana pengelolaan organisasi dan program-program yang dilakukan mencapai target sesuai dengan harapan. Moment ahkhir tahun ini pertemuan staf akan dikemas dalam bentuk semi gathering. Gathering dilakukan dengan yang melibatkan sejumlah 27 orang staf bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan, solidaritas dan Kerjasama team yang lebih handal. Karena semi gathering maka muatan materi akan dikemas dengan tidak sangat formal tetapi tidak mengabaikan output.

Bentuk gathering akan dilakukan dengan melibatkan seluruh staf Yayasan Paramitra dilaksanakan selama 3 hari dengan muatan materi evaluasi MEL organisasi, update perkembangan masing-masing program dan sharing hasil pelatihan. Setelah kegiatan dilanjut dengan untuk refleksi program sekaligus pembahasan untuk program berikutnya.

Harapan dalam pertemuan yang dikemas dalam semi gathering ini akan meningkatkan rasa kebersamaan antar staf, sehingga akan diiringi dengan rasa setia kawan, saling membantu dan pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan layanan masyarakat dan mendukung visi dan misinya Yayasan Paramitra. Adapaun tujuan dari kegiatan yaitu evaluasi Monitoring dan Evaluasi (MEL), program dan mengakomodir input untuk perbaikan ke depan, serta refleksi program, sekaligus merancang kembali untuk program 2023. Sedangkan untuk output yang dihasilkan antara lain :
a. Adanya dokumentasi hasil evaluasi sekaligus input baik untuk MEL maupun program.
b. Adanya dokumentasi hasil refleksi dan perencanaan untuk program I-SEE tahun 2003.
Dalam prosesnya ada beberapa agenda yang dilaksanakan mulai dari presentasi perkembangan masing-masing program melalui metode kunjungan coffee program yang ada di Yayasan Paramitra, pembahasan capaian organisasi terkait MEL, dan penataan unit Knowledge Management (KM), serta sharing hasil pelatihan yang didapat oleh yayasan Paramitra melalui dukungan beberapa program yang ada.


Hasil pertemuan akhir tahun staf Yayasan Paramitra ternyata masih ada beberapa indicator MEL yang belum dicapai secara maksimal. Dimana hal ini disebabkan karena capaian program lebih banyak dicapai secara maksimal oleh staf dengan adanya unsur dukungan program yang masih ada. Sedangkan beberapa indicator yang belum dapat dicapai secara maksimal, disebabkan karena tidak ada unsur dukungan dari program. Sehingga dengan adanya hasil tersebut, maka tentunya akan dibahas ulang dalam proses pertemuan penyusunan RENSTRA tahun 2023.

Posts created 35

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top