Edukasi Kesehatan Mendukung 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) pada Ibu Hamil di Desa Pagedangan

Persoalan Kesehatan Ibu dan anak (KIA) sampai saat ini masih menjadi perhatian penting yang harus segera diatasi. Dampak dari persoalan tersebut masih tingginya angka kematian ibu dan bayi baru lahir (AKI AKB) dan stunting. Berbagai upaya sudah banyak dilakukan melalui program-program yang dilakukan sebagai upaya pencegahan dan penanganannya.


Konsep mendukung 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) masih menjadi daya ungkit yang dilakukan sebagai upaya pencegahan. Salah satu upaya pencegahan saat ini yang dilakukan adalah melalui kelompok sasaran kunci (Ibu Hamil/ Bumil) melalui kelas Bumil yang sudah ada di desa. Kelas Bumil menjadi awadah yang sangat efektif sebagai wadah edukasi dan komunikasi yang didalamnya terdapat penyampian kesehatan dan beberapa pengetahuan yang perlu disampaikan pada ibu hamil. Salah satu contohnya adalah Kelas bumil yang ada di Desa Pagedangan Kecamatan Turen Kabupaten Malang.


Pelaksanaan Kelas bumil yang ada di Desa Pagedangan, saat ini juga diisi dengan edukasi kesehatan yang melibatkan salah satu akademisi yang ada di Kabupaten Malang yaitu Stikes Kepanjen. Dimana melalui program-program yang dilakukan oleh akademisi tentunya sangat membantu sebagai upaya mewujudkan kesehatan yang ada di masyarakat, khususnya Ibu Hamil.
STIKES Kepanjen merupakan salah satu lembaga akademisi yang telah berkolaborasi dengan Mitra Utama program MADANI dalam mendukung issu tematik yang ada terkait Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) di Kabupaten Malang. Dalam proses Kelas Ibu Hamil (Bumil) yang dilakukan beberapa agenda edukasi yang disampaikan adalah dukungan 1000 HPK dan dampak yang ditimbulkan jika tidak terwujud dengan baik di tahapan tersebut. Awal proses Bumil diajak untuk berpikir tentang Motos dan Fakta Kesehatan yang terjadi pada Bumil.


Seiring dengan kegiatan Kelas Bumil yang dilakukan, tentu harus ada dampak pengetahuan yang akan selalu diingat oleh Bumil. Tidak hanya pengetahuan tentang 1000 HPK, stunting, dan dampak yang ditimbulkan. Sehingga diakhir kegiatan agar Bumil selalu ingat akan 1000 HPK, maka perlu ada pean-pesan kunci yang selalu diingat. Ada 4 pesan kunci yang disampaikan dalam mendukung 1000 HPK yaitu pesan kunci yang ada pada Rumpi Sehat melalui kampanye yel-yel pesan kunci yaitu ATIKA untuk ibu hamil. ASI Esklusif, Makanan yang beragam dan Seimbang, dan asupan cemilan sehat yang sehat bagi Balita. Dimana semuanya dikemas melalui Yel-Yel Rumpi Sehat.
SALAM RUMPI SEHAT :
IKUT-IKUT RUMPI SEHAT
IBU HAMIL YA…ATIKA
ASI ESKLUSIF ITU WAJIB
MAKANAN ANAK HARUS SEIMBANG
CEMILAN HARUS SEHAT
KALAU SALAH YA…BENERIN…!!!

Posts created 35

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top