Kilas Balik dan Refleksi Kerja-Kerja Paramitra Indonesia

Yayasan Paramitra Indonesia pada akhir tahun 2023 melakukan refleksi staff yang bertajuk “Kilas Balik dan Refleksi Kerja-Kerja LSM”  yang telah dilakukan selama 1 tahun. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melakukan refleksi kelembagaan atas kerja-kerja yang telah dilakukan, sejauh mana sudah menyumbang pada visi & misi serta Renstra yang sudah dirancang. Kegiatan ini sangat tepat dilakukan pada bulan desember ini sebagai masukan strategi yang akan digunakan  untuk dekade tahun 2024. Kegiatan dilakukan di Batu yang diikuti oleh seluruh staff yang berjumlah 25 orang selama 3 hari tgl 23 – 25 desember 2023.

Agenda hari 1 digunakan untuk melakukan kilas balik dengan penegasan Visi Paramitra yang dibawakan ketua Yayasan Bapak Hari Cahyono. Bapak Hari banyak cerita tentang latar pendirian serta perjalanan Paramitra dalam menjalankan visinya. Hal ini diperkuat dari Pembina Bpk Imam Hambali yang banyak memberikan pesan-pesan moral agar seluruh staff dalam menjalankan program tetap berpegang teguh pada prinsip yang selama ditegakkan. Refleksi kerja-kerja ke LSM an difasilitasi Bpk Aan Anshori seorang aktivis LSM dari Jombang yang pada intinya mencoba untuk mendudukkan peran LSM sebagai mitra masyarakat. Yang menarik adalah bagaimana seorang individu dalam menjalankan mandat dari tugas LSM yang dikawinkan dengan agamanya sehingga menjadi individu yang tidak hanya sekedar bekerja secara biasa sesuai dengan kontrak formalnya. Menjadi insan yang diatas rata2 yang membawa visi LSM dan nilai agamanya untuk diterapkan dimana saja tanpa dibatasi oleh kontrak formal.

Dari sini maka staff selanjutnya diajak untuk merefleksikan seluruh program yang dijalankan baik program utama maupun pendukung dan menarik pada pelajaran yang bisa diambil dan apa yang bisa dikembangkan ke depan. Hasil ini muaranya dibawa pada input dalam merencanakan program kelembagaan tahun 2024. Kegiatan ditutup dengan sharing pengetahuan dari staff yang pernah dikirim mengikuti pelatihan agar seluruh staff juga memahami dan bisa menarik apa yang bisa dikembangkan ke depan. Paramitra berharap dengan rangkaian agenda ini akan membuahkan individu yang lebih militan dalam menjalankan mandatnya baik dari sisi  agama maupun tugas ke LSM an nya.

Posts created 35

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top