Forum KIA tingkat Desa Alternatif Pencegahan AKI, AKB, dan Stunting

Pembentukan Forum KIA tingkat desa dilakukan di desa wilayah intervensi program Desa Pagedangan Kecamatan Turen, difasilitasi antara Yayasan Paramitra, Desa Siaga, dan Puskesmas Turen Kabupaten Malang. Forum KIA melibatkan dari elemen kesehatan yang ada di desa Pagedangan , mulai dari kader kesehatan, kader stunting, Tim Pengadmping Keluarga (TPK), Kader Pemberdyaan Masyarakat (KPM). Strategi pembentukan Forum KIA juga menjadi alternatif dalam pembagian atau penataan kembali peran dan fungsi kader-kader kesehatan yang ada di desa dengan tujuan yang sama yaitu penanganan dan pencegahan AKI, AKB, dan stunting. Kegiatan dilaksanakan pada bulan 9 – 11 Juni 2022 secara bergantian di 2 desa intervnsi program yaitu Desa Talangsuko dan berlanjut ke Desa Pagedangan Kecmatan Turen. Dimana 2 desa tersebut, saat ini menjadi desa intervensi program MADANI dengan fokus isu tematik terkait Kesehatan Ibu dan Anak (KIA).


Selama berproses acara dibuka dengan sambutan Puskesmas Turen, dimana dalam sambutannya memberi apresiatif dengan terbentuknya Forum KIA yang kedepannya 2 desa intervensi program MADANI menjadi bagian dari inovatif Puskesmas Turen dalam penanganan persoalan KIA yang ada didesa,mulai dari kematian ibu, bayi, dan stunting. Acara dilanjutkan dengan pemaparan dari Bidan Koordinator (Bikor) Kecamatan Turen terkait pentingnya pembentukan Forum KIA yang juga menjadi bagian dari kegiatan Desa Siaga dalam penganan persoalan KIA yang ada di desa Pagedangan. Saat ini banyak kader-kader yang ada di desa dan memilki tujuan yang sama yiatu penanganan kematian ibu, bayi, dan stunting yang merupakan bagian intervensi program dari beberapa dinas, mulai dari Dinas Kesehatan, DPPKB, dan lain-lain. Tetapi pada kenyataanya memiliki sasaran yang sama, sehingga agar tidak terjadi tumpang tindih pendampingan maka diperlukan pembagian peran dan fungsi pada kader-kader kesehatan yang ada di desa.


Setelah pemaparan acara dilanjut dengan sharing dan diskusi terkait permasalahan, akar masalah, peran yang sudah dilakukan, dan alternatif solusi yang harus dilakukan. Dalam diskusi fasilitator mengarahkan peserta untuk fokus terhadap persoalan KIA. Dipengujung acara terdapat Rencana Tindak lanjut (RTL) yang dirumuskan antara lain :
a. Forum KIA yang difasilitasi oleh Desa Siaga akan melakukan pertemuan rutin 2 bulan sekali sebagai wadah sharing dan diskusi membahas tentang persoalan dan perkembangan kegiatan yang dilakukan dalam upaya penurunan AKI, AKB, dan stunting di desa Pagedangan.
b. Mendorong desa melalui Ketua Desa Siaga Pagedangan dan Modin untuk menyusun Perdes tentang pemerikasaan kesehatan CATIN (Calon Pengantin) sebagai tahap awal dalam pencegahan dan deteksi stunting.

Posts created 35

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top