Perkenalkan Program I-SEE, Tim I-SEE Kabupaten Magetan Kunjungi Dinas Sosial

Pada Rabu, 15 Mei 2024, Tim I-SEE Yayasan Para Mitra Indonesia melakukan kunjungan produktif ke Dinas Sosial Kabupaten Magetan. Pertemuan tersebut disambut hangat oleh Kepala Dinas Sosial, Praminto Budi Utomo, S.Sos., M.AP., dan Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Sutrisno S.IP., M.M.

Sebagai representasi dari Yayasan Para Mitra Indonesia, Tim I-SEE Kabupaten MagetanĀ  berkomunikasi dengan pihak Dinas Sosial untuk memperkenalkan Program I-SEE dan perencanaan kegiatan secara detail.

Di samping itu, Dinas Sosial Kabupaten Magetan juga menginformasikan pada Tim I-SEE bahwa saat ini mereka memiliki inisiatif dan program utama, seperti:

(1) Layanan Home Care untuk disabilitas yang bertujuan untuk memberikan perawatan pribadi di rumah bagi individu dengan disabilitas,

(2) Fasilitas Rumah Terapi, yaitu mendirikan rumah terapi khusus yang dilengkapi fasilitas pemenuhan kebutuhan rehabilitasi dalam berbagai bentuk,

(3) Satgas Pintar, merupakan unit garis depan yang bertanggung jawab menanggapi dan merujuk kasus anak terlantar dan individu dengan disabilitas yang terabaikan,

(4) Pendamping disabilitas per-kecamatan, yaitu menyediakan personel pendukung disabilitas di setiap kecamatan untuk memastikan perawatan dan bantuan yang komprehensif.

Dalam tahapanya, Dinas Sosial Kabupaten Magetan telah membentuk tiga Desa Inklusi, meskipun keterlibatan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) masih dalam proses.

Ke depannya, pada bulan Juni 2024, Kementerian Sosial bekerja sama dengan Dinas Sosial berencana mengadakan bakti sosial operasi katarak. Inisiatif ini bermitra dengan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), bertujuan untuk memberikan layanan perawatan mata yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Program operasi katarak ini juga akan melibatkan Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni), Yayasan Wira Daksa Utama (Widama), dan Yayasan Abhinaya Gantari Mahika (Yagama) di wilaya kerja Kabupaten Magetan.

Kunjungan ini menandai langkah signifikan dalam meningkatkan dukungan dan layanan yang diberikan kepada individu dengan disabilitas di Kabupaten Magetan. Pengenalan program-program ini dan acara operasi katarak yang direncanakan mencerminkan komitmen kuat untuk meningkatkan kualitas hidup semua penduduk.

Pos dibuat 14

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas
id_IDIndonesian